Komentari Insiden George Floyd, Pemain Spider-Man Singgung Rasisme

VIVA   – Insiden yang menimpa George Floyd membuat banyak karakter bersimpati, termasuk para figur umum. Namun, aktor Shameik Moore malah bersikap sebaliknya dan menyinggung perkara rasisme.

Salah utama bintang Spider-Man: Into the Spider-Verse itu menuturkan kalimat yang menuai anggapan cukup keras dari warganet. Ucapannya itu ia tulis di akunTtwitter pribadinya.

Kala tersebut, ia menyinggung tragedi kematian George Floyd yang memicu aksi penolakan di berbagai daerah di Amerika Serikat. Alih-alih menunjukkan rasa afeksi, Moore seolah menyalahkan sikap George dan mengeluarkan kalimat bernada rasisme.

Coba lihat, opiniku lulus kuat untuk dibenci oleh asosiasi kulit hitam, tapi harus didengar. Kita perlu belajar bagaimana berhadapan dengan polisi dan (memahami) kegiatan rasisme , ” kicaunya.

Menurutnya, insiden George Floyd menandakan ada yang salah dengan sikap dan respons untuk membela diri di hadapan aparat kesejahteraan saat upaya pembunuhan terjadi. Ia bahkan menyebut, reaksi masyarakat untuk kematian George Floyd bukan peristiwa yang tepat dilakukan.

Karena ini merupakan bagian dari sebuah skenario pada mana kita gagal memperbaikiny a, ” tambahnya lagi.

Ia menyayangkan bahwa respons masyarakat atas kejadian tersebut terlihat cukup berlebihan dan tidak diteliti terlebih dahulu. Moore pun menyarankan agar masyarakat memfokus pendapat sebelum menyatakan segala segalanya berkaitan dengan kulit hitam ialah rasisme.