Berkebun, Jadi Kegiatan Rara Sekar Semasa Pandemi Corona

VIVA   –  Penyanyi Rara Sekar terus menyibukkan diri pada tengah pandemi virus corona. Mantan vokalis Banda Neira itu memastikan memanfaatkan lahan yang ada untuk menghabiskan waktunya selama berada pada rumah. Ia menanam di tanah yang tidak terlalu luas ataupun yang biasa dikenal dengan julukan urban farming .  

“Urban farming bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan ketersediaan pangan di perkotaan, ” kata Rara Sekar dalam diskusi virtual akhir-akhir ini.

Banyak yang sydah mulai ditanam oleh Rara. Hal tersebut benar berhasil, tidak terlalu sulit dan yang terpenting hanya mengandalkan lahan yang ada di sekitar sendi.

“Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan ruang yang sepan di kota ini untuk budidaya tanaman, seperti sawi, cabai, apalagi kami juga menanam jagung, ” kata Rara.

Rara ikut mendukung gerakan yang diinisiasi dalam diskusi tersebut, yakni Buy 1 Get satu . Gerakan tersebut dimaksudkan buat membantu terpenuhinya pangan kelompok sensitif, mengurangi resiko kerawanan dan kelaparan serta menjadi solusi bagi petani di desa untuk mendapatkan rekan dan kepastian harga serta serapan produk.

Lihat Selalu

Baca juga:   Rara Sekar, Eks Banda Neira Untuk Petisi #KitaBersamaAnandaBadudu?

“Nantinya kelompok mampu menolong kelompok bawah dengan membeli bertabur untuk keluarganya dan keluarga grup rentan. Aksi ini disebut jadi sabilulungan: gotong royong sambung keperluan, ” kata Dr Hermanu Triwidodo, Ketua Tani Centre IPB yang ikut dalam diskusi virtual tersebut.

Nantinya para donatur akan membeli produk petanu berbentuk beras seharga Rp12 ribu mulai kilogram dengan pembelian minimal sebanyak 5 kilogram. Nantinya dari di setiap pembeian, ada satu kilogram beras yang disumbangkan kepada yang membutuhkan. Mereka berharap gerakan ini berkecukupan menginspirasi banyak orang.

“Nantinya, beras yang dipesan bakal diantar ke donator. Sementara padi yang dibayar donator akan diantar ke keluarga kelompok rentan, ” kata Said Abdullah, koorninator nasional KRKP.